Senin, 11 Februari 2013

CARA MERAWAT CUPANG

Ikan cupang memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias, sifatnya yang mudah marah atau agresif sehingga ikan ini sering dijadikan ikan aduan. Saya sendiri termasuk pecinta dari salah satu spesies ikan hias ini. Dan berikut sedikit tips buat teman-teman yang ingin merawat cupangnya agar tetap bugar dan sehat.

  1. Siapkan wadah untuk tempat tinggal ikan dengan ukuran diameter minimal 15 cm. wadahnya bisa apa saja seperti toples, aquarium mini, atau plastik.
  2. Untuk airnya, gunakan air sumur, air PAM atau air Hujan. tapi air ini harus didiamkan dulu selama 2 sampai 3 hari.
  3. Selanjutnya air diberi Air rendaman daun ketapang.
  4. Setiap seminggu sekali air diganti 50 sampai 70 % dengan cara disifon atau menggunakan selang diameter kecil sambil menyedot kotoran-kotoran yang ada didasar wadah.
  5. Pemberian pakan cukup 2 kali sehari, pagi dan sore. untuk pakan diberi secukupnya saja agar air tidak jadi bau yang bisa menimbulkan penyakit bagi ikan cupang
  6. Setiap hari selama 20-30 menit ikan cupang harus dikedokin atau diperlihatkan dengan ikan cupang lainnya agar sirip-sirip ikan mengembang, hal ini membantu agar sirip ikan tidak terlipat sekaligus sedikit mempertebal sirip.
  7. Kalau bisa setiap hari ikan di jemur di bawah sinar matahari selama 30-45 menit. baiknya dilakukan antara jam 7.00 sampai 09.00 pagi. 
Demikian pengalaman pribadi saya dalam merawat cupang, yang juga pelajari dari para pecinta cupang. semoga bisa membantu teman pecinta cupang!!!!!.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons